28 December 2010

Differences between Eastern and Western


 Jalan hidup
Orang barat cenderung menyukai hidup sendiri, mereka tidak begitu menyukai relasi.


Trend
Di negara - negara barat sedang booming meniru gaya / style orang timur, dan di negera-negara timur sedang nge-trend gaya/style kebarat-baratan.


Jalan - jalan
Orang barat jalan - jalan / melihat - lihat haya untuk sekedar cuci mata, sedangkan orang timur lebih suka mengabadikan gambar di suatu tempat untuk dijadikan kenangan.


Revolusi kendaraan
Di barat, jaman dahulu sangat banyak mobil - mobil kuno di setiap jalan di berbagai negara mereka, dan sekarang, mereka kembali pada alam, bahkan bersepeda sudah menjadi gaya hidup. Sedangkan di timur, orang - orangnya cenderung menyukai sesuatu yang lebih praktis, jaman dahulu lebih banyak sepeda daripada sekarang.



Makanan

Di barat makan pagi lebih didominasi dengan makanan dingin, seperti roti dan sandwich. makan siang mereka lebih suka makanan hangat terutama yang berkuah dan pasta. makan malam mereka kembali dingin seperti kue dan es krim. Sedangkan orag timur menyukai makanan hangat.



Boss


Di barat, boss merupakan orang biasa, boss mereka berbaur dengan bawahan dan cenderung low-profile. Sedangkan orang timur, boss dianggap yang paling berkuasa, dibesar-besarkan dan jaim.


Jalanan di hari Minggu
Di negara - negara barat, hari Minggu digunakan orang-orang untuk beristirahat. Sedangkan orang timur memanfaatkan hari Minggu untuk bersenang senang dan liburan.


Antrian

Orang - orang barat sabar dan tertib untuk mengantri, selama apapun mereka aakan tetap menunggu sampai benar-benar sampai pada gilirannya. Sedangkan orang timur cenderung tidak sabar, mereka langsung menyeruak merubung tempat antrian.



Ketepatan waktu
Orang barat akan tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikan, sekalipun mereka terlambat itupun hanya 1-2 kali atau mereka akan minta maaf habis-habisan. Sedangkan orang timur kebanyakan memiliki budaya jam karet, yaitu suka menunda - nunda, mereka terlambat pun orang yang menunggu tidak tentu marah, karena sudah biasa.


Cara Berpesta


orang barat cenderung berkelompok - kelompok dalam melakukan pesta, yaitu dengan teman - teman terdekatnya saja. sedangkan orang timur lebih menyukai berpesta dengan berkumpul bersama - sama.


 Menyampaikan pendapat

Orang barat menympaikan pendapatnya secara langsung alias to the point. sedangkan orang timur lebih sering berbelit - belit alias mulek sebelum menyampaikan pendapatnya.



Mood dalam cuaca tertentu


Orang barat menyukai musm panas dan musim semi, kehidupan mereka cenderung muram di musim dingin dan musim gugur. sedagkan orang timur menyukai semua musim.
Frekuensi orang2 di restaurant
Orang barat lebih suka membuat makanan sendiri di rumah daripada membeli di restaurant. sedangkan orang timur lebih suka membeli di restaurant dari pada membuatnya sendiri di rumah.



Menghadapi masalah
Sesulit apapun masalahnya, orang barat cenderung menjalani masalah mereka dan membiarkan apa yang terjadi. sedangkan orang timur lebih baik menghindar daripada ikut dalam masalah



Masa tua
Orang barat menikmati masa tuanya sendirian, atau mungkin dengan hewan kesayangan. sedangka orang timur lebih memilih bertemu anak - anak dan cucu - cucu mereka di untuk menikmati masa tuanya.



Relasi Pertemanan

Seperti yang telah dijelaaskan, orang barat tidak begitu senang menjalin banyak relasi, mereka cenderung tertutup dan hanya mau bergaul dengan orang itu - itu saja yan sudah dipercaya. Sedangkan orang timur mencari teman sebanyak mungkin untuk mereka jadikan teman dan sahabat, mereka cenderung ramah da terbuka kepada banyak orang.



Ekspresi wajah

Dan satu lagi, orang barat akan mengekspresikan perasaanya, kalau mereka sedang sedih sesuatu mereka akan memperlihatkan ekspresi sedih mereka. Sedangkan orang timur lebih suka menyembunyikan perasaan sedihnya dan berusaha tetap terlihat senang walaupun mereka sebenarnya bersedih.

No comments:

Post a Comment